RSHS Alami Lonjakan Pasien Covid

Bandung,Timejabar.Com- Saat ini, rumah sakit rujukan utama Covid-19 di Jawa Barat yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengalami lonjakan kasus pasien positif.

Sebanyak 97 dari 119 tempat tidur pasien Covid-19 telah terisi. Angka tersebut berpotensi terus meningkat, mengingat kasus Covid-19 di Kota Bandung maupun Jabar masih terus bertambah. Pihak RSHS pun meminta masyarakat dan rumah sakit lainnya lebih selektif memilih tempat perawatan pasien Covid-19.

"RSHS adalah rumah sakit tipe A, rumah sakit rujukan tertinggi. Artinya, pasien-pasien yang datang itu yang punya komplikasi, comorbid (penyakit penyerta) yang kondisinya moderat sampai kritis. Itu yang kita tangani sesuai sumber daya yang ada," ungkap Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum RSHS drg Muhammad Kamaruzzaman, M.Sc., di RSHS Bandung, Jumat (20/11/2020).

Dia meminta agar masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 untuk terlebih dahulu memeriksakan diri di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Dari sana, pasien akan dievaluasi apakah membutuhkan perawatan lanjutan di RSHS. "Masyarakat yang punya gejala, disarankan untuk berobat dulu ke rumah sakit terdekat, agar penanganannya lebih cepat," ungkapnya.

"Kedua, agar bisa dilakukan eavaluasi terlebih dahulu oleh rumah sakitnya, apakah benar-benar membutuhkan perawatan rujukan."

  • Bagikan melalui: