Pemkot Bandung Tunggu Hasil Penurunan Status PPKM

Bandung, Timejabar.com-Pemerintah Kota Bandung bakal menunggu hasil evaluasi soal penurunan status PPKM .

Walaupun, beberapa indikator menunjukan adanya penurunan kasus serta makin masifnya program vaksinasi. Menurut Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, pihaknya belum dapat memastikan Kota Bandung akan turun ke level 3 atau masih di level 4.

Khususnya berkenaan dengan statusnya di masa penanganan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hanya saja, dia berharap besar agar level PPKM bisa turun sehingga dapat memberikan relaksasi untuk sektor ekonomi. Sebab, ujar Ema, dari pemetaan lapangan, dampak pandemi terhadap sektor perekonomian di Kota Bandung semakin meluas.

"Kita tergantung evaluator. Karena yang mengevaluasi bukan kita. Kalau kita, harapannya seperti itu (turun ke level 3). Kalaupun mungkin di level 4, mudah-mudahan akan ada relaksasi yang disesuaikan. Karena bagaimanapun juga kondisi ekonomi di Kota Bandung sudah berat," jelasnya.

Dikauinya, kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah melewati puncaknya. Sehingga relaksasi sektor ekonomi bisa segera digulirkan. Ema menuturkan, dari data terakhir per 1 Agustus 2021, sudah terjadi penurunan angka ketersediaan tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR).

Saat ini BOR di Kota Bandung sudah turun menjadi 60,48 persen. Dari 2.275 tempat tidur di 30 rumah sakit rujukan di Kota Bandung kini hanya terisi sebanyak 1.376 tempat tidur. Sehingga masih tersedia 899 tempat tidur kosong yang juga dapat dimanfaatkan oleh pasien dari luar Kota Bandung. Sedangkan angka kesembuhan juga terus menunjukan peningkatan. Tercatat ada sebanyak 27.285 orang sembuh, dengan penambahan 67 orang dalam satu hari.

"Mudah-mudahan ini indikator sangat bagus, bahwa dengan tingkat kesembuhan semakin tinggi, jumlah orang dirawat sudah berkurang. Mudah-mudahan Bandung sudah melewati masa puncak, sekarang dalam kondisi menurun," ucap Ema.

  • Bagikan melalui: