Luhut Akan Perketat Masuknya Varian Baru ke RI

Jakarta, Timejabar.Com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan memperketat pintu masuk ke Indonesia untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19.

Luhut mengatakan salah satu risiko peningkatan kasus dapat berasal dari luar negeri. "Kita tidak juga ingin kecolongan luasnya varian baru seperti Mu dan Lambda masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu, untuk mencegah itu terjadi, pemerintah akan membatasi pintu masuk internasional ke Indonesia," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Luhut menyampaikan, pemerintah juga bakal memperketat proses karantina WNA maupun WNI dari luar negeri. Ia menjelaskan, khusus pintu masuk udara hanya akan dibuka di Jakarta dan Manado. Pintu masuk jalur laut hanya dibuka di Batam dan Tanjung Pinang, serta jalur darat di Aruk, Entikong, Nunukan dan Motaain.

"Ini kita belajar peristiwa lalu di mana kita lakukan mungkin kesalahan. Kita tidak ingin ulangi kesalahan. Proses karantina dijalankan ketat tanpa kecuali, dengan waktu karantina 8 hari, PCR 3 kali. Selain itu pemerintah juga meningkatkan kapasitas karantina dan testing di pintu masuk darat," katanya.

  • Bagikan melalui: