150 Peserta Pencak Silat Papua Akan Bertanding

Jakarta, Timejabar.Com- Sebanyak 150 pendekar dari 8 perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) berkumpul di Aula Makorem 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Papua, Senin (29/6/2020) pagi.

Berkumpulnya para pendekar ini diinisiasi oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pengamanan atas isu damai yang terus digelorakan di Bumi Cenderawasih.

"Ya kami berharap dari pencak silat yang anggotanya terdiri dari semua suku ini bisa menjadi stimulus kedamaian di Papua. Pencak silat kita tahu adalah budaya dari Jawa, namun bisa di bawa kesini dan turut diminati pemuda Papua kita," kata Brigjen TNI Izak Pengemanan.

Menurut dia, pihaknya selaku pembina IPSI Papua siap membina para kader pencak silat Papua agar dapat terus berkarya dan menjadi pemuda yang kreatif, Inovatif dan adaptif. Pembinaan yang akan dilakukan adalah adanya Danrem Cup yang rencananya dihelat Juli mendatang.

"Rencananya bulan depan kami adakan Danrem Cup. Ini tujuannya untuk mempersiapkan para pemuda kami utamanya atlit PON XX Papua yang rencananya digelar 2021 mendatang. Jadi kami harap mereka terua mengasah kemampuannya," kata dia.

Dia berpesan kepada seluruh atlet dari perguruan pencak silat di Kota Jayapura untuk terus bersemangat menjadi pemuda yang kreatif, berinovasi dan adaptif dengan perkembangan situasi Papua terlebih di suasana Pandemi COVID-19.

  • Bagikan melalui: