Pengelola Candi Prambanan Akan Tambah Kuota Bagi Wisatawan

Jakarta,Timejabar.Com- Pengelola Candi Prambanan di Yogyakarta akan menambah kuota wisatawan pada libur natal dan tahun baru yang akan datang.

Dilansir dari The Jakarta Post pada Rabu (11/11/2020), Direktur Utama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono mengungkapkan bahwa pada uji coba operasional fase keempat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) akan ada peningkatan kuota wisatawan hingga 7000 orang per hari atau sekitar 60% dari jumlah kapasitas normal Candi Prambanan.

“Kami telah melakukan uji coba AKB tahap ketiga dengan kapasitas maksimal 5000 wisatawan per hari,” jelasnya. Candi Prambanan secara resmi dibuka kembali untuk wisatawan pada bulan Juli di bawah protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Sultan Hamengkubuwono X, yang juga merupakan gubernur Yogyakarta, memutuskan untuk membuka sebagian tempat wisata di bulan Juli, namun dengan jumlah wisatawan yang terbatas karena dikhawatirkan akan terlalu beresiko apabila pengunjungnya tidak dibatasi.

Pada uji coba operasional pertama, Candi Prambanan hanya menerima wisatawan sebanyak 20% dari kapasitas normal, atau sekitar 1500 wisatawan saja. Pada uji coba operasional pertama, Candi Prambanan hanya menerima wisatawan sebanyak 20% dari kapasitas normal, atau sekitar 1500 wisatawan saja.

Edy menambahkan bahwa uji coba operasional ini telah dilakukan sebanyak tiga tahap dan selalu ada peningkatan kuota wisatawan di setiap awal tahapan itu, dari 1500 wisatawan menjadi 5000 wisatawan, dan semuanya berjalan dengan lancar. Berbicara mengenai rencana peningkatan kuota wisatawan pada uji coba operasional keempat, Edy menjelaskan bahwa manajemen TWC masih berkoordinasi dan berkonsultasi dengan SATGAS COVID-19 Yogyakarta.

  • Bagikan melalui: